Berita Indonesia Terlengkap

Berita Indonesia Terlengkap

Kisah Pak Hakim Rekam Bu Hakim Mandi Berujung Sanksi dan Mutasi

BeritaIndo – Hakim BPT yang merekam bu hakim rekan kantor yang sedang mandi dikenai sanksi. Hakim BPT akhirnya dipindahkan ke Natuna.

Sebagaimana diketahui, Mahkamah Agung (MA) membenarkan ada pak hakim yang memvideokan bu hakim teman satu kantor sedang mandi. MA menegaskan pak hakim itu sudah dijatuhi sanksi disiplin, tapi bukan pemecatan. Pak hakim BPT itu berdinas di sebuah Pengadilan Negeri di Sumatera Selatan (Sumsel).

”Benar hakim tersebut dijatuhi hukuman disiplin terkait merekam dengan HP-nya hakim wanita sekantor yang sedang mandi,” kata juru bicara MA, hakim agung Andi Samsan Nganro.

Pak hakim dan bu hakim bertetangga di rumah dinas. Bu hakim sudah memiliki suami yang juga hakim. Saat itu posisi pak hakim sedang isolasi mandiri (Isoman).

Tiba-tiba pak hakim mendengar temannya mandi. Entah karena apa, ia mengintip bu hakim temannya itu sedang mandi. Lalu ia mengeluarkan Hp-nya dan merekam. ”Tapi baru sebentarm ketahuan hakim wanita itu. Lalu dilaporkan ke ketua pengadilan,” ujar Adi Samsa Nganro, yang juga Wakil ketua MA bidang Yudisial.

Namun, MA tidak memecat hakim cabul itu. Malah pelaku dan korban masih satu kantor. Adapun sanksi yang dijatuhkan adalah sanksi tingkat sedang berupa penundaan kenaikan gaji berkala selama 1 tahun.

Hakim BPT dipindahkan ke Natuna. Ia akan mendapat jabatan baru sebagai hakim PN Ranai. Pemindahan BPT dilakukan oleh pimpinan Mahkamah Agung (MA) dalam rapat pada Rabu (27/4) kemarin. Selain BPT, MA melakukan promosi dan mutasi 402 hakim di seluruh Indonesia.

PN Ranai merupakan pengadilan Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, yang berdiri sejak 2008. Wilayah huum PN Ranai tidak hanya meliputi Natuna, tapi juga Kabupaten Kepulauan Anambas.