October 18, 2021

BeritaIndo

Berita Indonesia Terlengkap

Kimi Raikkonen Pensiun di Akhir Musim F1 2021

Dia sudah memikirkan masak-masak keputusan tersebut dan berharap bisa tampil sebaik mungkin di sisa musim ini. Inilah saatnya. Ini akan jadi musim terakhirku di Formula 1. Saya sudah memikirkan keputusan ini selama musim dingin lalu. Bukan keputusan yang mudah, tapi sudah saatnya mencoba hal baru setelah musim ini berakhir.

Meski musim ini masih berjalan, saya ingin berterima kasih kepada keluarga, seluruh tim saya, semua yang terlibat dalam karier saya dan terkhusus bagi semua fans yang selalu mendukung saya selama ini.

Formula 1 mungkin sudah selesai buat saya, tapi masih banyak hal yang harus dikejar dalam hidup ini dan saya ingin merasakannya. Sampai jumpa lagi setelah ini.” Pria bernama lengkap Kimi Mattias Raikkonen itu mengawali kariernya di F1 bersama Sauber pada 2001. Cuma setahun di sana, Raikkonen pindah ke McLaren pada 2002 dan bermain empat tahun.

Raikkonen kemudian pindah ke Ferrari pada 2007 dan langsung meraih gelar juara dunia di akhir musim. Caranya pun dramatis, mengalahkan Fernando Alonso dan Lewis Hamilton di seri terakhir untuk unggul satu poin di papan klasemen.

Itu adalah satu-satunya gelar juara dunia Raikkonen serta yang terakhir untuk Ferrari. Dua tahun memperkuat Ferrari, Raikkonen memilih cabut untuk menjajal reli serta NASCAR.

Dia kembali lagi ke lintasan F1 bersama Lotus pada 2012 hingga 2013, sebelum memperkuat Ferrari kedua kalinya pada 2014. Sejak 2019, Raikkonen memperkuat Alfa Romeo.

Sayangnya, karier Raikkonen bersama Alfa Romeo tidak mulus dan musim ini dia berada di posisi ke-17 klasemen dengan dua poin. Selama berkecimpung di F1, Kimi Raikkonen membalap 344 kali dengan 21 kemenangan, 103 podium, dan 18 pole.