October 24, 2021

BeritaIndo

Berita Indonesia Terlengkap

Kasus Pelecehan Seksual Koalisi Masyarakat Minta Komnas HAM Desak KPI Bentuk Tim Independen

BeritaIndo – Koalisi Masyarakat peduli korban Kekerasan Seksual dalam Lembaga Negara meminta Komnas HAM untuk mendorong Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) membentuk tim independen yang melibatkan pihak eksternal dalam mengusut dugaan pelecehan seksual dan perundungan terhadap MS.

”Seperti ahli, aktivis perempuan, dan lain-lain dalam melakukan investigasi penanganan kasus,” Kata perwakilan Koalisi Luviana dalam konferensi pers secara daring, Jumat (8/10/2021).

Selain itu, koalisi juga meminta Komnas HAM memantau kasus kekerasan seksual serta menjadikan kasus ini agenda Komnas HAM menjamin hak korban terpenuhi dalam proses penyelesaian kasus.

Ia juga menegaskan, koalisi siap membantu dan mengawal penuntasan kasus pelecehan seksual dan perundungan di KPI. Caranya dengan mendorong atau melibatkan lembaga negara seperti Komnas HAM, Komnas Perempuan, LPSK, pemerintah dan kepolisian RI.

Adapun dalam audiensi tersebut Koalisi Masyarakat Peduli korban kekerasan seksual dalam Lembaga Negara bertemu dengan Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara.

Hasil dari pertemuan itu adalah Komnas HAM akan mengeluarkan rekomendasi terkait kasus kekerasan seksual di KPI sekitar pertengahan bulan November. Rekomendasi tersebut rencananya akan diberikan pada KPI dan aparat.

Diberitakan sebelumnya diduga terjadi pelecehan seksual dan perundungan di Kantor KPI. Pelecehan tersebut diduga dilakukan oleh pegawai KPI kepada MS yang juga merupakan salah sastu pegawai di lembaga tersebut.

Selain Kepolisian, Komnas HAM juga turut melakukan penyidikan perkara ini untuk menghasilkan rekomendasi yang dapat digunakan sebagai penyelesaiakan perkara.