Berita Indonesia Terlengkap

Berita Indonesia Terlengkap

Kapal Perang AS-Jepang Latihan Bersama di Dekat Perairan Korea

BeritaIndo – Kapal-kapal perang Amerika Serikat (AS) dan Jepang, yang dipimpin kapal induk AS USS Abraham Lincoln, menggelar latihan Angkatan Laut gabungan di perairan antara Jepang dan Semenanjung Korea. Latihan bersama ini digelar ditengah berkembangnya spekulasi uji coba nuklir Korea Utara (Korut).

Latihan gabungan AS dan Jepang ini merupakan yang pertama kali digelar dalam lima tahun terakhir. Disebutkan juga bahwa latihan gabungan ini dimaksudkan untuk menunjukkan kedekatan aliansi militer kedua negara yang bersekutu ini.

Armada ke-7 AS dan Angkatan Bersenjata Maritim Jepang menyatakan pada Rabu (13/4) bahwa mereka menggelar Latihan Angkatan Laut Gavungan di Laut Jepang, yang juga disebut Laut Timur, pada Selasa (12/4) dan Rabu (13/4) waktu setempat.

Latihan gabungan itu disebut sebagai momen pertama sejak tahun 2017 lalu, bagi kapal induk AS untuk ikut latihan militer dikawasan tersebut. Disisi lain, latihan gabungan ini juga dipandang sebagai upaya nyata untuk menangkap provokasi Korut.

Para pakar pertahanan memperingatkan bahwa Korut mungkin meluncurkan rudal lainnya atau bahkan melakukan uji coba nuklir paling cepat pekan ini saat Pyongyang memperingati kelahiran pendiri negaranya, Kim II-Sung, atau kakek pemimpin Korut saat ini, Kim Jong-Un.

Ketegangan di kawasan itu meningkat menjelang gelarnya latihan militer gabungan antara AS dan Korea Selatan (Korsel).

Jepang juga meningkatkan latihan militer gabungan dengan AS yang merupakan sekutu dekatnya, juga mitra regional dalam beberapa tahun terakhir di  tengah kekhawatiran meningkatkan aksi militer China di perairan kawasan tersebut.

Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Hirokazu Matsuno menegaskan kepada wartawan bahwa latihan gabungan yang tengah berlangsung itu bertujuan memperkuat kerja sama militer antara Jepang dan Amerika Serikat dan tidak mempertimbangkan negara tertentu.

Angkatan Bersenjata Maritim Jepang dalam pernyataannya menyebut kapal penghancur JS Kongo dan JS Inazuma, jgua pesawat Tempur F-2 Milik Jepang bergabung dengan kelompok serbu ASS Abraham Lincoln dalam latihan gabungan itu.