October 24, 2021

BeritaIndo

Berita Indonesia Terlengkap

Kalahkan Facebook, TikTok Jadi Aplikasi Paling Banyak di Unduh

BeritaIndo – Popularitas TikTok masih terus menanjak. Aplikasi media sosial berbasi video pendek ini belakangan bahkan dinobatkan sebagai aplikasi yang paling banyak diunduh secara global, mengalahkan Facebook.

Hal tersebut diungkapkan oleh laporan yang dikompilasi oleh Nikkei dari perusahaan riset aplikasi Mobile App Annie yang berbasis di AS. Biasanya, posisi puncak diduduki oleh Facebook. Namun kini jejaring sosial pimpinan Mark Zuckerberg itu ada di urutan kedua.

Disebutkan bahwa popularitas TikTok terdongkrak selama pandemi yang memaksa orang-orang menghabiskan lebih banyak waktu dirumah. TikTok pun memimpin dalam hal jumlah download di wilayah Eropa, AS, dan Amerika Selatan.

Meskipun merupakan yang terbanyak diunduh secara global, untuk wilayah Asia di luar China, TikTok masih berada di posisi kedua di bawah Facebook.

Sayangnya, Laporan Nikkei yak merinci jumlah unduhan yang diperoleh TikTok atau aplikasi lainnya yang masuk dalam daftar aplikasi paling banyak diunduh secara global pada 2020.

Bila dibandingkan dengan aplikasi lainnya dalam daftar, TikTok memang menjadi media sosial pendatang baru yang popularitasnya melejit dalam waktu singkat. Aplikasi dari per4usahaan ByteDance asal China ini pertama kali dirilis ke pasar global sekitar bulan September 2017.

TikTok terus mendulang popularitas di berbagai nbegara, termasuk di Amerika Serikat (AS) meski sempat menghadapi rintangan seperti ancaman pemblokiran. TikTok tetap berhasil menjadi aplikasi terbanyak diunduh di AS.

TikTok sebenarnya juga meraja di China, tapi dengan nama Duoyin yang merupakan versi lokal jejaring sosial tersebut dari ByteDance.

Tahun ini, TikTok berhasil menggeser popularitas Facebook Messenger, yang pada 2019 adalah aplikasi yang paling banyak di download di AS.

Sensor Tower memproyeksikan, Pengguna TikTok menghabiskan lebih dari 920 juta dollar as (Setara Rp 12,1 Triliun) di Aplikasi selama paruh pertama tahun ini, naik 74 persen jika dibandingkan dengan periode tahun lalu.

Jumlah tersebut merupakan gabungan pembelian aplikasi, berlangganan, dan aplikasi premium dari pengguna TikTok di toko aplikasi App Stroe maupun Google Play Store.