October 24, 2021

BeritaIndo

Berita Indonesia Terlengkap

Janji Taliban Buka Sekolah untuk Anak Perempuan, Akankah Ditepati?

BeritaIndo – Penunjukan pertama untuk pemerintahan sementara Taliban diumumkan awal bulan ini. Para pejabat yang ditunjuk, terutama untuk posisi penting, kebanyakan berasal dari kalangan loyalitas Taliban, meskipun sebelumnya dijanjikan akan ada pemerintahan inklusif untuk seluruh warga Afghanistan.

Dalam pernaytaan terbarunya, Mujahid tidak menyinggung soal Kemeterian Urusan Perempuan yang telah ditutup sejak pekan lalu. Kementerian ini digantikan dengan departemen yang dikenal menegakkan doktrin agama pada rezim Taliban sebelumnya.

Pada Minggu ( 19/9) waktu setempat, puluhan aktivis wanita Afghanistan menggelar unjuk rasa di luar kantor Kementerian Urusan Perempuan di Kabul yang baru saja ditutup oleh Taliban. Dalam aksinya, mereka memprotes penutupan tersebut.

Mereka meminta Kementerian Urusan Perempuan kembali diaktifkan. Hal ini agar para perempuan dapat kembali bekerja.

Para Staff wanita pada kementerian tersebut juga menuturkan mereka berupaya kembali bekerja selama beberapa pekan setelah Taliban mengambil alih kekuasaan pada pertengahan bulan lalu. Namun mereka malah diminta untuk pulang ke rumah.

Sejumlah anak perempuan di beberapa wilayah di Afghanistan sudah kembali bersekolah. Khususnya apda sekolah Dasar, dengan kelas-kelas yang dipisahkan berdasarkan jenis kelamin.

Namun kecemasan terjadi pada siswi sekolah menengah. mereka mengaku cemas menanti tanpa kejelasan soal apakah mereka bisa melanjutkan pendidikan mereka.