November 29, 2021

BeritaIndo

Berita Indonesia Terlengkap

Israel soal Rencana AS Buka Konsulat Lagi di Palestina : Tepi Barat Aja

BeritaIndo – Israel menampakkan penentangan secara terang-terangan soal rencana AMerika Serikat (AS) untuk membuka kembali konsulatnya di Yerusalem. Israel menayrankan AS membuka konsulat di Tepi Barat saja.

Dibawah kepemimpinan mantan Presiden Donald Trump, AS menuturp konsulat Palestina di Yerusalem dan menempatkan stafnya di Kedutaan Besar AS untuk Israel. Kedutaan itu dipindahkan dari Tel Aviv ke Yerusalem pada tahun 2018 lalu.

Palestina menginginkan Yerusalem Timur sebagai ibu kota negara masa depan. Keputusan AS yang kala itu memindahkan kedutaannya disebut merusak aspirasi mereka.

Sementara Israel, yang merebut Yerusalem Timur pada 1967, menyebut keseluruhan Yerusalem adalah ibu kota mereka yang tak bisa terpisahkan.

Di masa kepemimpinan Joe Biden, AS berusaha untuk memperbaiki hubungan dengan Palestina. Bahkan secara gamblang menyebut akan kembali membuka konsulat Palestina, meski belum neyebut kapan akan dilakukan.

”Posisi saya, dan itu disampaikan kepada Amerika. Adalah bahwa tidak ada temapt bagi konsulat AS yang melayani Palestina di Yerusalem, Kami menyuarakan pendapat kami secara konsisten, diam-diam, tanpa drama,” Kata Perdana Menteri Israel Naftali Bennet kepada wartawan.

Menteri Luar Negeri Israel Yair Lapid, yang bebricara disebelah Bennet mengusulkan pembukaan kembali konsulat Palestina bisa dilakukan di daerah Ramallah, bagian Tepi Barat yang didudukinya.

Di Ramallah, juru bicara Presiden Palestina Mahmoud Abbas menolak saran Lapid. ”Kami hanya akan menerima konsulat AS di Yerusalem, ibu kota negara Palestina. Itulah yang telah diumumkan dan telah dilakukan oleh pemerintah AS,” Kata Nabil Abu Rudeineh.

Pada Oktober lalu, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan negaranya akan melangkah maju dengan proses pembukaan konsulat sebagai bagian dari memperdalam hubungan itu dengan Palestina. Namun salah satu staf seniornya juga mengatakan penolakan Israel terhadap rencana tersebut merupakan hambatan.