Berita Indonesia Terlengkap

Berita Indonesia Terlengkap

India Dilanda Gelombang Panas, Permintaan Listrik Sentuh Rekor Tertinggi, Dipicu Penggunaan AC

BeritaIndo – Permintaan listrik di India menyentuh rekor tertinggi pada bulan April 2022 karena negara bagian utaranya dilanda cuaca terpanas dalam beberapa dekade terakhir, dengan lonjakan penggunaan AC memicu krisis listrik terburuk di lebih dari enam tahun.

Permintaan listrik tumbh 13,2 persen menjadi 135,4 miliar kilowatt jam (kWh) karena kebutuhan listrik di utara tumbuh antara 16 persen dan 75 perse menurut analisis data Pemerintah India.

Penggunaan listrik diperkirakan akan tumbuh karena kantor cuaca India memperkirakan suhu maksimum di atas normal di sebagian besar wilayah barat tengah, barat laut, utara, dan timur laut.

India dan negara tetangga Pakistan telah menerita panas ekstrem pada tahun ini dana lebih dari satu miliar orang berisiko terkena panas, para ilmuwan memperingatkan. Para ahli menghubungkan awal musim panas yang intens dengan perubahan iklim.

Penggunaan listrik yang belum pernah terjadi sebelumnya mengakibatkan pemadaman listrik yang meluas pada bulan April karena utilitas bergegas untuk mengelola permintaan karena pasokan batu bara berkurang.

Pasokan listrik di Delhi naik 42 persen pada bulan April, dengan negara bagian utara seperti punjab dan Rajasthan melihat permintaan listrik masing0masing tumbuh 36 persen dan 28 persen, menurut data pemerintah.

Temperatur yang melonjak menyebabkan peningkatan 74,7 persen dalam penggunaan listrik oleh Sikkim, sebuah negara berbukit kecil di timur laut yang terkenal dengan pengunungannya yang indah.

Himachal Pradesh Uttarakhand, dua negara bagian pengunungan lainnya yang dipadati turis yang mencari pelarian dari panasnya dataran, mengalami lonjakan permintaan listrik dari sepeream karena suhu yang lebih tinggi.

Negara bagian utara lainnya seperti Haryana da Uttar Pradesh, serta Jharkhand di timur, melihat permintaan listrik naik lebih dari 25 persen, data Pemerintah India menunjukkan. Tujuh negara bagian termasuk negara bagian Andhra Pradesh selatan mengalami pemadaman listrik terburuk dalam lebih dari enam tahun.

Sebagian besar negara bagian adalah negara bagian di utara yang menghadapi kenaikan suhu karena gelombang panas. India kemungkinan akan menghadapi lebih banyak pemadaman listrik karena persediaan batu baru utilitas turun 13 persen, meskipun Coal India yang dikelola negara meningkatkan produksi lebih dari 27 persen.