Berita Indonesia Terlengkap

Berita Indonesia Terlengkap

Gunung Anak Krakatau Naik Status dari Waspada ke Siaga

BeritaIndo – Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda Naik status dari Level II (waspada) menjadi level III (siaga). Erupsi Gunung Anak Krakatau terjadia terus menerus sejak awal April 2022.

Letusan terakhir terjadi Minggu (24/4) pukul 20:20 WIB, tinggi kolom abu tercatat 3.000 meter di atas puncak. Erupsi 2 hari belakangan ini memunculkan kilauan lava yang terekam jelas dalam CCTV  milik Badan Geologi.

”Minggu, 24 April 2022, pukul 20:20 WIB dengan tinggi kolom abu teramati 3000m di atas puncak. Erupsi 2 hari belakangan ini memunculkan kilauan lava yang terekam jelas dalam CCTV milik Badan Geologi.

”Minggu, 24 April 2022, pukul 20:20 WIB dengan tinggi kolom Abu teramati 3000m di atas puncak 3157m di atas permukaan laut).” tulis laporan Badan Geologi.

Erupsi ini terekam dalam seismograf milik Badan Geologi, Kementerian ESDM dengan aplitudo maksimum 55mm dan durasi 0 detik. ”Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas tebak ke arah tenggara dan selatan. Erupsi ini terekam di seimograf dengan amplitudo maksimum 55mm dan durasi 0 detik,” tulisnya.

Akibat statusnya gunung dinaikkan jadi level III atau siaga, maasyarakat tidak diperbolehkan mendekati gunung dalam radius 5 kilometer dari kawah.

”Rekomendasi masyarakat, pengunjung, wisatawan, pendaki tidak mendekat Gunung Anak Krakatau atau beraktivitas dalam radius 5km dari kawah aktif,” tulisnya.