Berita Indonesia Terlengkap

Berita Indonesia Terlengkap

Fakta Ngeri Kawah Mulut Neraka di Rusia

BeritaIndo – Sebuah Kawan di Siberia, Rusia, menyimpan fakta mengerikan. pasalnya, lubang menganga sedalam 86 meter di muka bumi itu menelan segalanya disekitar kawah tersebut.

Kawan tersebut diberi nama Kawan Batagaika. Kawan dengan julukan mulut neraka tersebut pertama kali diukur pada tahun 1980-an silam. Berdasarkan laporan, kawab raksasa terbuka sejauh 1 kilometer dengan kedalaman 282,1 kaki atau 86 meter. Penduduk lokal pun mempercayai kawah tersebut merupakan jalan menuju neraka.

Para ilmuwan, menurut laporan Daily Mirror, meyakini kawah raksasa itu merupakan hasil dari tanah permafrost yang mencair. Kawah itu sempat membeku apda Zaman Es kuarter sekitar 2,56 juta tahun lalu.

Kemudian, ketika kawasan hutan dibuka, sekitar tahun 1960-an silam, cahaya matahari pun mulai menghangatkannya. Permafrost sendiri merupakan lapisan bawah permukaan tanah yang tebal yang tetap membeku sepanjang tahun, terutama di daerah kutub.

Mencairnya permafrost bukan lah kabar baik bagi perubahan iklim lantaran hasil pencairannya melepaskan gas rumah kaca yang berbahaya, khususnya metana diketahui lebih kuat dalam menangkap panas diabndingkan karbon dioksida itu sendiri 84 kali lipat lebih tepatnya.

Dalam situasi itu, lapisan es tanah mulai mencair dan kemudian menyebabkan tanah menjadi padat, merosot, dan amblas. Para ilmuwan memperkirakan akan ada lebih banyak mulut neraka yang mungkin muncul di seluruh dunia karena berdampak pemanasan global.

Kawab Bagaika itu dilaporkan terus bertumbuh sekitar 20-30 meter  setiap tahunnya. pergerakan kawah tersebut juga tidak dapat diukur dan diperkirakan. Segala yang ada di jalurnya pun disebut akan tertelan kawah tersebut.

Citra Satelit menunjukkan kawah Batagaika sebagai tenggelamnya massa Bumi yang besar dan tampak menarik semua yang ada disekitarnya. Masyarakat adat yang tinggal di sekitar kawah itu juga cerita kengerian kawah tersebut. Mereka mengaku kerap mendengar dentuman-dentuman yang dinilai meresahkan dari lokasi kawah tersebut.

Orang-Orang Yakut, sebutan masyarakat adat itu, bahkan meyakini lubang menganga raksasa itu sebagai gerbang menuju neraka. Kepercayaan supernatural seperti dunia arwah menjadi bagian dari budaya asli, yang beberapa diantaranya menganggap hutan atau lokasi seperti gunung api sebagai tempat suci.