October 18, 2021

BeritaIndo

Berita Indonesia Terlengkap

F1 GP Italia: Verstappen Dihukum Akibat Tabrakan dengan Hamilton

Formula 1 Max Verstappen mendapat hukuman turun tiga posisi di GP Rusia mendatang, sebagai imbas dari crash yang ia alami bersama Lewis Hamilton di GP Italia kemarin.

Di Sirkuit Monza, Minggu (12/9/2021), Hamilton dan Verstappen gagal melanjutkan lomba di lap ke-26. Insiden berawal saat Hamilton yang baru keluar dari pitlane langsung disambut oleh Verstappen yang berada di belakangnya. Keduanya tengah menempati posisi 7-8.

Memasuki chicane pertama, Verstappen mencoba melakukan overtake dari sisi dalam lintasan. Namun alih-alh berhasil melewati rivalnya itu, keduanya malah bertabrakan dan mobil Verstappen naik ke atas, membentur halo mobil Hamilton.

Dua mobil tersebut akhirnya berhenti di gravel. Verstappen bahkan meninggalkan mobilnya dalam keadaan bagian belakang masih ‘menggantung’ di mobil Hamilton. Para pengawas balapan (steward) kemudian segera melakukan investigasi terhadap kejadian tersebut.

Jadi Penyebab Kecelakaan Hamilton di Formula 1 GP Italia, Verstappen Dijatuhi Penalti

Hasilnya, Verstappen dianggap melakukan kesalahan. Ia berupaya melakukan overtake di saat ia tak punya ruang untuk hal tersebut. Tayangan ulang juga memperlihatkan ia berada di pinggir trek dan sebagian mobilnya di luar jalur.

“Mobil 44 [Hamilton] baru saja keluar pit, sedangkan mobil 33 [Verstappen] berada di lintasan lurus. 50 meter sebelum tikungan satu, mobil 44 jelas-jelas berada di depan mobil 33. Mobil 33 telat mengerem dan mulai bergerak di samping mobil 44, meski pada saat itu posisi mobil 33 masih di belakang roda depan mobil

“Selama hearing, pebalap mobil 33 menegaskan insiden disebabkan pebalap mobil 44 membuka kemudi setelah tikungan satu dan “menekannya ke pojok” di akhir tikungan dua. Sementara pebalap mobil 44 menegaskan pebalap mobil 33 telat untuk menyalip dan seharusnya menyerah di tikungan, baik dengan cara mundur atau belok kiri di belakang pembatas.”

Lebih lanjut, pengawas menyebut meskipun betul posisi mobil Hamilton membuat mobil Verstappen melaju ke pembatas, namun manuver yang dilakukan Verstappen dianggap telat karena ia baru berada di samping Hamilton saat memasuki tikungan satu, dan ia tak berhak mendapat ‘ruang untuk menyalip’.

Hamilton sendiri tak dikenai hukuman. Sebab meskipun ia seharusnya bisa mengemudi jauh dari pembatas untuk menghindari tabrakan, namun pengawas melihat posisinya masih masuk akal. Mereka juga hanya melihat kecelakaan yang terjadi untuk menentukan hukuman, bukan dampak yang terjadi setelahnya.

Atas kejadian ini, Verstappen dikenakan hukuman turun tiga posisi pada GP Rusia di Sochi, Minggu (26/9) mendatang. Artinya, jika Verstappen merebut pole position di kualifikasi, ia akan start di grid empat pada balapan keesokan harinya.