October 25, 2021

BeritaIndo

Berita Indonesia Terlengkap

Erdogan Desak Putin untuk Bersama Buka Dialog dengan Taliban

BeritaIndo – Presiden Tukri Recep Tayyip Erdogan mendesak Presiden Rusia Vladimir Putin pada hari Sabtu untuk mempertahankan dialog dengan Taliban. Sekaligus mengambil pendekatan bertahap menjalin hubungan dengan penguasa baru Afghanistan.

”Kita Harus menjaga saluran dialog terbuka dengan Taliban dan mengejar keterlibatan bertahap daripada pendekatan berdasarkan kondisi sulit,” Kata Erdogan dalam panggilan telepon dengan Putin.

Pemimpin Turki itu juga menyambut pembicaraan antara Taliban dan mantan pejabat senior Afghanistan sebagai menjanjikan.

”Kami menyambut pesan moderat Taliban sebagai hal yang positif untuk saat ini, tetapi proses ke depan tidak akan dibentuk oleh kata-kata mereka, tetapi oleh perbuatan mereka,” Kata Erdogan.

”Para presiden sepakat untuk memperkuat kerja sama bilateral di Afghanistan,” Kata Kremlin dalam sebuah pernyataan.

Menurut Moskow, kedua pemimpin menegaskan perlunya memastikan” Stabilitas dan masyarakat yang damai di negara itu” dengan penekanan pada perang melawan terorisme dan perdagangan narkoba.

Turki, yang memiliki beberapa ratus tentara di Afghanistan, terlibat dalam mengamankan bandara kabul dengan Amerika Serikat. Pada Bulan Juli, Ankara menawarkan Washington untuk mengambil alih bandara setelah penarikan pasukan AS.

”Kami dapat terus mengamankan dan mengelola bandara Kabul jika kondisi yang tepat muncul,” Kata Pemimpin Turki itu.