October 21, 2021

BeritaIndo

Berita Indonesia Terlengkap

Dapat Rp 2,4 Miliar dari Kompensasi Tol Yogya-Bawen, Warga Sleman Beli Rumah, Mobil dan Tanah

BeritaIndo – Warga terdampak jalan Tol Yogya-Bawen sebagian besar telah menerima uang ganti rugi. salah satunya Sumianto (51) warga Dusun Pundong III Kalurahan Tirtoadi, Kapanewon Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Sumianto mengatakan luas lahan miliknya yang terdampak Tol Yogya-Bawen lebih dari 500 meter persegi. ”yang kena Dua Bidang, pekarangan dan sawah,” Ujar Sumianto, Jumat (03/09/2021).

Sumianto menyampaikan sudah menerima uang ganti rugi. Dia mendapatkan uang ganti rugi lebih dari Rp 2 Miliar. Menurutnya, uang tersebut digunakan untuk pendidikan anaknya, yakni membiayai kuliah. Sebab biaya kuliah tidaklah sedikit.

Sebelum uang ganti rugi tersebut cair, Sumianto sempat bingung mencari uang untuk biaya kuliah anaknya.

”Usahaya saya kan bengkel dan dekorasi, pandemi kan sepi. ya sempat bingung mencari uang untuk biaya anak masuk kuliah, ini pas Cair saya gunakan untuk biaya sekolah,” Tegasnya.

Tak hanya itu, Sumianto juga menggunakan uang tersebut untuk membeli dua bidang tanah. Satu di Pedukuhan Pundong III dan satu lagi di Padukuhan Pundong V.

Sati bidang nantinya akan di bangun rumah sebagai tempat tinggal Sumianto dan keluarga. Sumianto juga membeli tiga unit mobil. Dua unit mobil second dan satu unit mobil baru.

”Expander Rp 271 juta, yang pikap Rp 165 juta yang Honda Jazz  RP 165 juta,” Ungkapnya.

Menurutnya, Mobil Expander dibeli sebagai hadiah anaknya yang laki-laki karena diterima di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Sekaligus sebagai pemacu semangat agar rajin dalam kuliah.

Kemudian, Mobil Honda Jazz untuk anak perempuannya. Sedangkan mobil pikap untuk menunjang usaha dekorasi pengantin. Termasuk untuk mendukung bisnis berdagang sayur.

Diakuinya berat melepas tanah, rumah dan sawah. Namun dia tidak mempunyai pilihan lain selain melepas tanah rumah dan sawah untuk pembangunan Tol Yogya-Bawen.