Berita Indonesia Terlengkap

Berita Indonesia Terlengkap

Daftar Top 2% Ilmuwan Paling Berpengaruh di Dunia: ITB 10 Ilmuwan UI 7 Ilmuwan

Standford University baru saja memperbarui data Top 2% World Ranking Scientist yang memeringkat 2 persen ilmuwan paling berpengaruh di dunia. Dalam daftar tahun 2021 yang diperbarui pada 20 Oktober 2021 lalu, terdapat 58 ilmuwan yang berasal atau berafiliasi dengan Indonesia.

58 ilmuwan tersebut berasal dari sejumlah universitas atau perguruan tinggi dan lembaga riset yang ada di Indonesia.

Pemeringkatan Top 2% World Ranking Scientists ini secara tahunan diperbarui oleh Stanford University bekerja sama dengan Elsevier BV.

Tiga peneliti asal Stanford University, yakni Prof John Ioannidis, Jeroen Baas, dan Kevin Boyack mempublikasikan hasil penulusuran mereka dalam Data for Updated Science-Wide Author Databases of Standardized Citation Indicators berisi rangking Top 2% World Ranking Scientists

Peringkat Top 2% World Ranking Scientist ini didasarkan pada c-score yang merupakan jumlah sitasi publikasi yang tidak termasuk sitasi oleh diri sendiri (nonself-citation).

Top 2% World Ranking Scientists merupakan pemeringkatan yang memuat sebanyak dua persen ilmuwan di dunia yang nama-namanya paling banyak dikutip dalam jurnal-jurnal ilmiah. Terdapat 159.648 ilmuwan yang namanya masuk ke dalam Top 2% World Ranking Scientists tahun ini.

Berikut ini beberapa nama lembaga riset dan perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki ilmuwan terbanyak yang paling berpengaruh, dirangkum Tempo dari laman berita.upi.edu.

1. Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Bandung atau ITB menyumbang 10 nama ilmuwan paling berpengaruh versi Data for Updated Science-Wide Author Databases of Standardized Citation Indicators yang dirilis oleh Stanford University. Nama-nama tersebut adalah Tommy Firman, Ferry Iskandar, Afriyanti Sumboja, I Gede Wenten, Antonius Indarto, Suwarno, Heni Rachmawati, Pekik Argo Dahono,Achmad Munir, dan Taufiq Hidayat.

2. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia di urutan berikutnya, menyumbang tujuh ilmuwan paling berpengaruh yakni Putra Nandy, Mohammed Ali Berawi, Sri Rezeki Hadinegoro, Rosari Saleh, Jeanne Adiwinata Pawitan, Irwan Katili, dan Dipo Aldila.

3. Universitas GadjahMada

Universitas Gadjah Mada atau UGM memiliki tiga ilmuwan yang paling berpengaruh alias masuk daftar Top 2% World Ranking Scientists, mereka adalah Abdul Rohman, Muh Aris Marfai, dan Ahmad Maryudi.

Abdul Rohman sendiri merupakan peneliti paling berpengaruh nomor satu di Indonesia versi Data for Updated Science-Wide Author Databases of Standardized Citation Indicators dan berada di ranking 33120 versi dunia.

4. Universitas Diponegoro

Universitas Diponegoro atau Undip memiliki tiga nama ilmuwan yang paling berpengaruh di dunia, yaitu Heru Susanto, Sugiharto, dan Achmad Widodo.

5. Center for International Forestry Research, WestJava

CIFOR memimpin Program Penelitian CGIAR tentang Hutan, Pohon dan Agroforestri (FTA). Berkantor pusat di Bogor, Indonesia, dengan kantor cabang di Nairobi, Kenya, Yaounde, Kamerun, dan Lima, Peru. Tahun ini, tiga nama peneliti di CIFOR masuk ke dalam daftar Top 2% World Ranking Scientists, merek adalah Murdiyarso, Anne Larson dan Peter Holmgren.

6. BRIN

Terdapat dua peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional yang masuk daftar Top 2% World Scientist pada tahun 2021. Mereka adalah Ratih Pangestuti peneliti dari Balai Bio Industri Laut (BBIL) dan R. Tedjo Sasmono adalah peneliti senior pada Pusat Riset Biologi Molekular (PRBM) Eijkman BRIN.

7. USU

Dua ilmuwan dari Universitas Sumatera Utara masuk daftar 2% ilmuwan yang paling berpengaruh di dunia atau Top 2% World Ranking Scientists, keduanya adalah Himsar Ambarita dan Mahyudin.

8. Universitas Syiah Kuala

Kampus yang berlokasi di Banda Aceh ini menyumbang dua ilmuwan mereka dalam Top 2% World Ranking Scientists atau ilmuwan paling berpengaruh di dunia, yakni Harapan dan ZA Muchlisin.

Berikut jumlah ilmuwan paling berpengaruh berdasarkan asal lembaga riset atau perguruan tinggi:

ITB 10 ilmuwan
UI 7
UGM 3
Undip 3
CIFOR 3
USU 2
BRIN 2
Univ Syiah Kuala 2

Berikut lembaga dan perguruan tinggi yang menyumbang 1 ilmuwan paling berpengaruh dalam daftar Top 2% World Ranking Scientist

1. Universitas Jember
2. Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
3. Politeknik Negeri Medan
4. Universitas Islam Indonesia
5. Unicef Indonesia
6. Universitas Pendidikan Indonesia
7. Universitas Djuanda
8 Politeknik Negeri Bandung
9. Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo
10. Universitas Pelita Harapan
11. Universitas Sebelas Maret
12. Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
13. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
14. Oxford University Clinical Research Unit
15. Institut Teknologi Indonesia
16. Univ Andalas
17. IPB
18. ITS
19. Universitas Ahmad Dahlan
20. UIN Malang
21. Independent Colsultan
22. Universitas Airlangga
23. Universitas Hasanuddin
24. Universitas Halu Oleo
25. Telkom University
26. Bosowa University

HENDRIK KHOIRUL MUHID