Berita Indonesia Terlengkap

Berita Indonesia Terlengkap

Bukan Game Moba atau FPS, Ini Game Pertama yang Dipertandingkan Di Turnament E-Sports

BeritaIndo – Beberapa tahun belakangan, industri gaming global tengah diramaikan dengan ajang turnament e-sports. Olahraga cabang video game ini mempertimbangkan game dari berbagai genre mulai dari first-person shooter (FPS), Multiplayer Online Battle Arena (MOBA), Battle Royal, Racing, Sports, Fighting, Collectible Card Games (CCG), hingga Real Time Strategy (RTS).

Saat ini ajang e-sports dijejali dengan beragam gae modern seperti Dota 2, F1, FIFA, Apex Legends, PUBG, League of Legends hingga game mobile layaknya Mobile Legends dan PUBG Mobile.

Untuk dapat bermain secara maksimal, tidak jarang peserta turnament difasilitasi dengan perangkat pendukung yang mumpuni seperti PC berspesifikasi tinggi, monitor dengan refresh rate tinggi, mouse gaming, serta smartphone dengan prosesor flagship.

Namun jauh sebelum lahirnya perangkat berteknologi canggih, ajang e-sports telah digelar dengan cara yang lebih sederhana. Turnament e-sports pertama di dunia juga tidak mempertandingkan genre game populer seperti MOBA dan FPS.

Pertandingan e-sports digelar secara perdana pada 19 Oktoner 1972 dan mengusung tajuk ”Intergalatic Spacewar Olympic”, Kala itu, sesi pertandingan digelar di Stanford Artificial Intelligence Lab, Lost Altos, California.

Stanford Artificial Intelligence Lab merupakan salah satu tempat yang menyediakan PDP-10, sebuah perangkat komputer yang dibutuhkan untuk menjalankan game. Spacewar sendiri merupakan sebuah game yang dikembangkan oleh Steve Russel beserta lima koleganya di tahun 1962. Spacewar mengusung game play yang melibatkan dua buah pesawat luar angkasa yang disebut.