January 28, 2022

BeritaIndo

Berita Indonesia Terlengkap

Bocornya Video Napi Diperkosa Bikin Putin Pecat Kepala Penjara Rusia

BeritaIndo – Viral video penyiksaan dan pemerkosaan tahanan yang mengerikan di dalam penjara bocor ke publik. Buntut gegernya video tersebut, Presiden Rusia Vladimir Putin memecat kepala layanan penjara negara itu pada hari Kamis (25/11) waktu setempat.

Kremlin menyatakan dalam sebuah statement seperti diberitakan kantor, Putin memecat Alexander Kalashnikov yang telah menjadi sasaran sanksi Barat atas pemenjaraan kritikus Kremlin Alexei Navalny, dengan segera. Dengan pemecatan ini, dia menjabat sebagai kepala penajra hanya selama dua tahun.

Pemimpin Rusia itu menunjuk Arkady Gostev, seorang kolonel polisi dari Kementerian dalam Negeri, sebagai gantinya.

Langkah itu dilakukan setelah  kelompok hak asasi menerbitkan puluhan video penyiksaan dari dalam sebuah penjara di pusat kota Saratov bulan lalu. Rekaman video tersebut diselundupkan keluar dari fasilitas itu oleh mantan narapidana, Sergei Savelyev, yang sejak itu melarikan diri dari Rusia dan meminta suaka di Prancis.

Awal bulan ini, layanan penjara Rusia mengatakan telah memecat 18 pejabat di wilayah Saratov sehubungan dengan video tersebut dan membuka beberapa penyelidikan.

Kremlin sebelumya telah menyerukan agar kasus itu diselidiki. Moskow telah memasukkan Savelyev lalu, tetapi kemudian menghapusnya dari daftar itu. Selama masa tahannya, Savelyev bekerja sebagai petugas pemerliharaan TI , mendapatkan akses ke server internal penjara tersebut dan penjara-penjara lainnya, dimana dia menemukan rekaman CCTV yang menunjukkan pelanggaran.

Dia menyimpannya di stik USB yang dia sembunyikan di dekat pintu keluar penajra. LSM kemudian mempublikasikan video penyiksaan napi tersebut. Sistem Pe