Berita Indonesia Terlengkap

Berita Indonesia Terlengkap

Biden Umumkan Bantuan Senjata Terbaru Rp 2,1 Triliun Untuk Ukraina

BeritaIndo – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menandatangani paket persenjataan baru senilai 150 juta Dollar AS untuk Ukraina pada Jumat (6/5) waktu setempat. Dengan bantuan terbaru, AS memberikan amunisi artileri tambahan, juga radar dan peralatan militer lainnya kepada Ukraina yang tengah diinvasi Rusia.

”hari ini, Amerika Serikat terus melanjutkan dukungan kuat untuk rakyat Ukraina yang berani saat mereka membela negara mereka melawan agresi Rusia yang sedang berlangsung,” ucap Biden dalam pernyataannya pada Jumat (6/5).

AS diketahui telah mengirimkan persenjataan senilau total 3.4 miliar Dollar AS kepada Ukraina sejak Rusia menginvasi pada 24 Februari. Persenjataan yang diberikan AS itu mencakup howitzer, sistem antipesawat Stinger, rudal antitank Javelin, amunisi dan pesawat tak berawak atau Drone ghost.

Paket persenjataan terbaru dari AS senilau 150 juta dollar AS ini, menurut serang pejabat AS yang engga namanya, akan mencakup 25.000 peluru artileri 155mm, radar penangkal artileri, peralatan jamming, peralatan lapangan dan suku cadanganya.

Peluru artileri itu tampaknya akan digunakan untuk howitzer yang dikirimkan AS ke Ukraina baru-baru ini. Reuters menjadi yang pertama melaporkan paket persenjataan terbaru AS untuk Ukraina.

Dengan pengiriman paket senjata terbaru ini, maka sisa pendanaan resmi sebesar Us 250 juta yang sebelumnya tersedia untuk mendanai Ukraina akan habis. Pendanaan ini masuk dalam Otoritas Penarikan Kepresidenan yang memungkinkan Presiden AS untuk mengizinkan transfer kelebihan senjata pasokan AS tanpa persetujuan Kongres dalam merespons situasi darurat.

Biden menekan Kongres AS untuk segera mengesahkan paket bantuan besar untuk Ukraina senilai US 33 miliar dollar AS yang diajukan pemerintahannya bulan lalu Paket bantuan itu akan mencakup bantuan militer senilau 20 miliar dollar AS, dan akan berlangsung selama lima bulan.

”Amerika Serikat telah memberikan bantuan keamanan ang bersejarah ke Ukraina dalam kecepatan tinggi. Kita telah mengirimkan persenjataan dan peralatan yang disetujui Kongres langsung ke garis depan kebebasan di Ukraina,” tegas Biden.