October 21, 2021

BeritaIndo

Berita Indonesia Terlengkap

Bebas Dari Penjara, WN Rusia yang Terlibat Kasus Narkoba Di Deportasi

BeritaIndo – Seorang warga negara (WN) Rusia bernama Vladimir Rybnikow dideportasi rumah Detensi Imigrasi Denpasar.

Pendeportasi itu dilakukan usai WNA tersebut melanggar Pasal 75 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian juncto Pasal 112 ayat (1)Undang-Undang Nomor 35tahun 2009 tentang Narkotika oleh Rumah Detensi Imigrasi Denpasar.

”WNA tersebut dideportasi dan dimasukkan ke dalam daftar penangkalan Direktorat Jenderal Imigran,;” Kata Kepala Kanwil kemenkumham Bali Jamaruli Manihuruk dalam keterangan tertulis.

Jamaruli menjelaskan, proses pendeportasian terhadap WNA itu dilakukan pada Sabtu (18/9/2021). WN Rusia itu diberangkatkan melalui Bandara I Gusti Nurah Rai dikawal 3 petugas menggunakan Citilink untuk menuju Bandara Internationa, Soekarno Hatta.

Ia kemudian dideportasi melalui TPI Bandara Internasional Soekarno Hatta Menggunakan maskapai Turkish Airlines dari Jakarta CGK menuju Istanbul dengan nomor penerbangan TK 057.

Vladimir Rybnikov, lanjut Jamaruli, tiba di Bali pada April 2018. WNA tersebut kemudian ditetapkan sebagai terpidana terkait kepemilikan narkotika pada 22 November 2018.

Ia dikenakan putusan pidana selama empat tahun penjara dan denda sebesar Rp 1 miliar subsider satu bulan penjara pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kerobokan.

”Yang bersangkutan dinyatakan bebas pada tanggal 16 September 2021 dan diserahkan kepada Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai,” jelas Jamaruli.