October 24, 2021

BeritaIndo

Berita Indonesia Terlengkap

Balas Bom Kabul Afghanistan, Drone AS Serang ISIS-K

BeritaIndo РMiliter Amerika Serikat  (AS) pada Jumat (27/8/2021). mengatakan, telah melakukan serangan pesawat tak berawak (drone) terhadap perencana serangan ISIS-K.

Cabang ISIS di Khorasan itu mengaku sebagai kelompok yang bertanggung jawab atas bom Kabul Afghanistan pada Kamis (26/8/2021).

”Serangan udara tak berawak terjadi di Provinsi Nangarhar Afghanistan. Indikasi awal adalah kami membunuh target,” Kata Kapten Bill Urban dari Komando Pusat.

”Kami tahu tidak ada korban sipil,” Tambahnya dalam pernyataan yang mengumumkan serangan AS pertama sejak bom Afghanistan terbaru.

Serangan itu, yang diluncurkan dari luar Afghanistan, terjadi saat pengangkutan udara para pengungsi dari bandara Kabul berlanjut di bawah pengaman yang sangat ketat setelah bom Kabul Afghanistan.

Sedikitnya 78 orang tewas termasuk 13 tentara AS, ketika seorang pembom bunuh diri meledakkan diri di kerumunan pada depan Abbey Gate Bandara.

Para pejabat as mengatakan, orang-orang bersenjata melepaskan tembakan setelah ledakan bom Afghanistan, sehingga menambah jumlah korban. Serangan itu dilakukan oleh kelompok militan ISIS di Afghanistan.

Menyusul Insiden Bom di Kabul, Presiden AS Joe Bidan Bersumpah akan membalas. ”Kepada mereka yang melakukan serangan ini serta siapapun yang ingin membahayakan Amerika. Ketahuilah ini : Kami tidak akan memaafkan. Kami tidak akan melupakan. Kami akan memburu Anda dan membuat Anda menanggung akibatnya,” Kata Biden.

Pada Jumat Sore, Juru Bicara Pentagon John Kirby berkata, mereka yakin ISIS-K berencana meyerang proses evakuasi lagi. ”Kami masih percaya ada ancaman yang kredibel… Spesifik, ancaman yang kredibel,” Katanya.