October 21, 2021

BeritaIndo

Berita Indonesia Terlengkap

AYDA, Jalan Bagi Desainer Muda Indonesia Untuk Mendunia

BeritaIndo – Kompetisi Arsitektur dan Desain Interios antarnegara, Asia Young Designer Awards (AYDA) 2020/2021 kembali digelar. Ajang bergengsi pencarian talenta-talenta muda berbakar yang digelar oleh Nippon Paint ini telah memasuki tahun ke-9.

Di Indonesia, AYDA didukung oleh praktisi ternama di bidang Arsitektur dan Desain Interior. Sementara, pada Skala Internasional, AYDA bekerja sama dengan harvard University Graduate School of Design (GSD) di Boston, massachusetts, United States.

”Kami sadar bahwa AYDA harus berevolusi dan berkembang lebih dari sekadar kompetisi,” Ujar Jon Tan, CEO Nippon Paint Indonesia, dalam keterangan tertulisnya.

Oleh karena itu, sambung dia, pihaknya melibatkan pemangku kepentingan. Mulai dari arsitek, desainer interior, developer, mahasiswa arsitektur dan desain interior, dosen praktirsi industri, hingga entitas perusahaan untuk bersatu dan mendefenisikan ulang bagaimana masa depan akan melampaui konsep warna dan desain.

”Saat ini kita juga menyadari bahwa Covid-19 menajdi isu besar di dunia. Hal tersebut menjadi tantangan besar bagi kita semua untuk beradaptasi dengan perubahan, termasuk transformasi besar pada penyelenggaraan AYDA 2020/2021 yang dilakukan secara virtual seperti roadshow, submission, coaching,mentoring,workshop hingga grand final,” Ucapnya.

ia juga menjelaskan bahwa AYDA telah melakukan roadshow virtual di 17 universitas di Indonesia yang diikuti oleh 579 partisipan dan kini telah dipilih 11 finalis terbaiknya.

Pada penyelenggaraan AYDA, Gold Winner berhasil dimenangkan oleh dua mahasiswa terbaik, untuk kategori Arsitektur diwakili oleh Marietta Stefani dari universitas Kristen Petra dengan Karya Non Visula Art Gallery dan Patricia Caitlyn Kurniawan dari Universitas Pelita Harapan dengan Karya Antara.