Berita Indonesia Terlengkap

Berita Indonesia Terlengkap

AS Beri Informasi Intelijen yang Bantu Ukraina Tenggelamkan Kapal Moskva Rusia

BeritaIndo – Beberapa media AS melaporkan, Washington memberi informasi intelijen yang memabntu Ukraina menenggelamkan kapal andalan Rusia, Moskva.

Moskva adalah kapal jelajah berpeluru kendali andalan Angkatan Laut Rusia. Kapal tersebut tenggelam di Laut Hitam pada pertengahan April. Sejumlah sumber dari kalangan pejabat AS mengatakan, Ukraina bertanya kepada AS tentang sebuah kapal yang berlayat ke selatan Odessa.

AS mengatakan, kapak tersebut adalah Moskva dan membantu mengonfirmasi lokasinya, Ukraina kemudian menyerang kapal tersebut dengan dua rodal. Sementara itu, Juru Bicara Kementerian Pertahanan AS John Kirby mengatakan, Washington memberikan iformasi intelijen untuk membantu Ukraina mempertahankan diri.

Kirby membantah laporan media-media sebelumnya bahwa AS memberikan informasi tentang lokasi para jenderal Rusia di medan perang, sehingga pasukan Ukraina dapat membunuh mereka.

”Kami tidak memberikan informasi intelijen tentang lokasi pemimpin militer senior di medan perang atau berpartisipasi dalam keputusan penargetan militer Ukraina,” Kata Kirby.

Kirby berujar, Ukraina menggabungkan informasi yang diberikan AS da lainnya dengan intelijen medan perang mereka sendiri. Kemudian Mereka membuat keputusan mereka sendiri, dan mereka mengambil tindakan sendiri.