Berita Indonesia Terlengkap

Berita Indonesia Terlengkap

AS Bantah Bantu Ukraina Bunuh Jenderal Rusia

BeritaIndo – Departemen Pertahanan AS pada Kamis (5/5/2022) membantah bahwa pihaknya memberikan informasi intelijen tentang lokali jenderal Rusia di medan perang sehingga pasukan Ukraina dapat membunuh mereka.

Menanggapi laporan New York Times tentang dukungan AS untuk militer Ukraina, Juru Bicara Pentagon John Kirby mengatakan bahwa memang benar bahwa AS memasok pasukan Kyiv dengan intelijen militer.

”Kami tidak memberikan informasi intelijen tentang lokasi pemimpin militer senior di medan perang atau berpartisipasi dalam keputusan penargetan militer Ukraina,” kata Kirby.

Dalam pengungkapan terpisah, media AS melaporkan Kamis malam bahwa AS telah berbagi informasi intelijen yang membantu Ukraina menggelamkan kapal perang Rusia Moskwa bulan lalu.

Pejabat anonim, dama sebuah cerita yang pertama kali diterbitkan NBC, mengatakan Ukraina bertanya kepada AS tentang sebuah kapal yang berlayar di Laut Hitam. Lokasinya pun dibantu konfirmasi oleh AS dan diidentifikasi sebagai Kapal Moskwa.

Pasukan Ukraina mungkin telah menembaki lokasi hanya beberapa jam setelah Gerasimov pergi, kata laporan yang belum dikonfirmasi. Mengutip pejabat senior AS yang tidak disebutkan namanya, dalam laporan New York Times, yang dibantah Kirby, pejabat itu mengatakan dari sekitar selusin jenderal Rusia yang dibunuh pasukan Ukraina, banyak yang telah menjadi sasaran dengan bantuan intelijen AS.

Surat kabar itu mengatakan AS telah memberikan rincian tentang markas bergerak militer Rusia, yang sering berpindah lokasi. Dilaporkan bahwa pasukan Ukraina menggunakan informasi itu bersama-sama dengan mereka sendiri untuk melakukan serangan terhadap perwira senior Rusia.

Tapi Kirby mengatakan Ukraina membuat keputusan sendiri apakah akan menargetkan pemimpin Rusia atau tidak. Dewan keamanan Nasional Gedung Putih mengecam laporan New York Times sebagai tidak bertanggung jawab.