October 25, 2021

BeritaIndo

Berita Indonesia Terlengkap

Apakah Ada Planet Lain di Luar Tata Surya Kita ?

BeritaIndo – Sejak Era Yunani Kuno, Ahli matematika Metrodorus (400-350 SM) mencoba menjawabnya. Meyakini alam semesta dengan Bumi sebagai ”Satu-satunya dunia,” sama saja dengan mempercayai adanya ”Suatu ladang besar yang hanya memiliki setangkai tanaman.”

”Matahari dan bumi yang tak terhitung jumlahnya” pasti ada ditempat lain, katanya, dan semua berputar mengelilingi mataharinya, dengan cara persis sama dengan planet-planet di sistem tata surya kita.”

Para ilmuwan sekarang mengetahui bahwa Metrodorus dan Bruno pada Dasarnya benar. Saat ini, Astronom seperti saya sedang mempelajari pertanyaan ini dengan cara-cara baru.

Ada Bukti menunjukkan eksoplanet. Planet-planet ini mengorbit bintang lain – bukan mata hari kita.

Para Astronom menyimpulkan, penurunan pancaran cahaya terjadi karena ada sebuah planet yang mengorbit bintangnya. Selama perputara itu, sang planet secara berkala menghalangi sebagian cahaya yang ditangkap kamera Kepler.

Meski angka 3.000 planet terdengar sangat banyak, pasti ada banyak planet lain di dalam area itu yang tidak terdeteksi. Sebab, orbit planet-planet itu tak pernah menghalangi cahaya yang terlihat oleh Kepler.

Lagi pula, orbit planet tidak semuanya sama. Tetapi, dengan jumlah transit yang diamati oleh Kepler dan pengetahuan para astronom tentang geometri, kita dapat memperkirakan jumlah total eksoplanet di luar sana.

Sejauh ini, para ilmuwan berpandang bahwa rata-rata setiap bintang memiliki setidaknya satu planet. 100 milyar bintang. Nah, alam semesta diperkirakan membuat sekitar 2 triliun galaksi – atau 2.000.000.000.000 kemudian, setiap galaksi juga berisi piluhan atau bahkan ratusan miliar bintang.

Jadi jumlah planet di alam semesta sangat banyak. Jumlahnya kira-kira setara dengan butiran pasir di setiap pantai di bumi kita. Bebebrapa dari planet tersebut adalah gas raksasa, seperti Jupiter yang ada di tata surya kita. Lainnya sangat panas, seperti Venus. Planet lainnya mungkin berisi air atau berbentuk planet es.

Meski belum ada cukup bukti, banyak ilmuwan berpikir bahwa tidak mungkin Bumi adalah satu-satunya planet yang memiliki kehidupan. Jika benar, maka hal itu akan sama mengejutkannya dengan perumpamaan ”ladang besar yang berisi setangkai tanaman”.