Berita Indonesia Terlengkap

Berita Indonesia Terlengkap

Apa Yang Terjadi Jika Putin Nyatakan Perang Secara Resmi Terhadap Ukraina ?

BeritaIndo – Presiden Rusia Vladimir Putin mungkin akan secara resmi menyatakan perang terhadap Ukraina pada tanggal 9 Mei, menurut laporang-laporan media dan sejumlah pejabat Barat. Namun apa makna dari pernyataan persang secara resmi ? dan seperti apa mobilisasi massa ?.

Sejaun ini pemerintah Rusia menegaskan pihaknya melakukan ”Operasi militer Khusus”¬† di Ukraina. Penggunaan kata-kata ”Perang” dan ”invasi” untuk merujuk pada aksi militer di Ukraina tersebut secara praktis dilarang.

Ditengah spekulasi tentang perubahan istilah, Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace mengatakan kepada LBC Radio, ”Saya kira ia akan mengubah dari posisi. operasi Khusus, lihatlah, ini sekarang adalah perang melawan Nazi. Saya memerlukan lebih banyak serdadu¬† Rusia.

Di Amerika Serikat, para pejabat juga menyampaikan penilaian serupa. Juru bicara Departemen Luar Negeri Ned Prince pekan ini mengatakan akan menjadi ironi besar jika Moskow menggunakan acara hari kemenangan untuk menyatakan perang – yang akan memungkinkannya mengerahkan wajib militer yang pada tahap sekarang tidak dimungkinkan.

CNN mengutip sejumlah nara sumber yang mengatakan Putin mungkin akan menggunakan Hari Kemenangan sebagai menyatakan pencapaiannya di Ukraina atau menyatakan pencapaiannya di Ukraina atau menyatakan eskalasi aksi militer, atau keduanya.

Dikatakan pernyataan perang secara resmi dapat mendongkrak dukungan publik terhadap aksi militer di Ukraina dan juga memungkinkan pemerintah menyatakan mobilisasi pasukan yang sangat diperlukan Rusia saat ini.

Menanggapi laporan-laporan tentang kemungkinan pengumuman, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan pada Rabu (04/05). ”Tidak benar. tidak masuk akal.

Pada Tanggal 20 Februari, tiga hari sebelum aksi yang dinamakan operasi militer khusus dimulai, Peskov mengatakan laporan-laporan tentang rencana invasi ke Ukraina oleh pasukan Rusia merupakan provokasi dan dimaksudkan untuk menghasut histeria.

”Ingat sepanjang sejarahnya, Rusia tidak pernah menyerang siapapun. Dan Rusia, yang telah melewati begitu banyak perang, adalah bahkan negara terakhir di Eropa yang mau mengucapkan kata perang.