Berita Indonesia Terlengkap

Berita Indonesia Terlengkap

Anggota Parlemen Rusia Tuding AS Terlibat Langsung Dalam Perang di Ukraina

BeritaIndo – Ketua Majelis Rendah Parlemen Rusia(Duma) Vyacheslav Volodin menuding AS mengoordinasikan operasi militer di Ukraina. Menurutnya, hal itu sama saja Washington terlibat langsung dalam aksi militer melawan Rusia.

”Washington pada dasarnya mengoordinasikan dan mengembangkan operasi militer, sehingga secara langsung berpartisipasi dalam aksi militer melawan negara kita,” Tulis Volodin di saluran Telegramnya.

Sejauh ini, AS dan negara-negara anggota NATO terang-terangan memasok Ukraina dengan persenjataan untuk membantu melawan invasi Rusia. Namun, AS dan sekutu NATO-nya telah berulang kali mengatakan bahwa mereka tidak akan ambil bagian dalam peperangan.

Disisi lain, Rusia cukup berhasil menduduki bagian timur dan selatan Ukraina tetapi gagal untuk mengambil alih Kyiv. Sejumlah pejabat AS mengatakan, Washington telah memberikan informasi intelijen ke Ukraina untuk membantu melawan serangan Rusia.

Volodin sendiri adalah pendukung invasi Rusia ke Ukraina. Konflik tersebut telah menewaskan ribuan orang di Ukraina, dan lebih dari lima juta orang telah meninggalkan negara itu.

Volodin mengatakan, para penasihat asing telah bekerja di Ukraina sejak pilpres 2019 di Ukraina yang dimenangi oleh Volodymyr Zelensky.