October 25, 2021

BeritaIndo

Berita Indonesia Terlengkap

Al-Qaeda di Yaman Ucapkan Selamat Pada Taliban

BeritaIndo – Cabang Al-Qaeda di Yaman mengucapkan selamat kepada kelompok Taliban atas keberhasilan mereka menguasai kembali Afghanistan, dan berjanji untuk melanjutkan kampanye militernya sendiri.

”Kemenangan dan pemberdayaan ini mengungkapkan kepada kita bahwa jihat dan pertempuran mewakili cara hukum islam, legal, dan realistis untuk memulihkan hak-hak di Semenangjung Arab (AQAP) dalam sebuah pernyataan seperti diberitakan.

”Adapun permainan demokrasi dan bekerja dengan pasifisme sederhana, itu adalah fatamorgana yang menipu, bayangan sekilas, dan lingkaran setan yang dimulai dengan nol dan diakhiri dengan itu,” Demikian pernyataan yang disampaikan kelompok intelijen Site, yang memantai jaringan jihadis di seluruh dunia.

Diketahui bahwa Taliban telah melindungi pemimpin Al-Qaeda Osama Bin Laden selama pemerintahan Taliban dari tahun 1996 hingga 2001, ketika pasukan pimpinan Amerika Serikat menggulingkannya sebagai tanggapan atas serangan teroris 11 September 2001 atau serangan 9/11 di AS. Namun, minggu lalu para anggota Taliban menguasai ibu kota Kabul yang menjadi puncak serangan-serangan kilatnya.

Pada hari Minggu (15/8/) lalu, para militan AQAP di provinsi Bayda di Yaman tengah dan provinsi Shabwa, Yaman selatan, merayakan kembalinya Taliban ke kekuasaan di Afghanistan dengan kembang api dan dengan menembakkan tembakan ke udara. Demikian penuturan warga setempat.

Kelompok Al-Qaeda  telah mengambil keuntungan dari perang Yaman sejak 2014 antara pemerintah yang diakui secara internasional dan pemberontak Houthi yang di dukung Iran, memperkuat kehadirannya di Yaman Selatan.