Berita Indonesia Terlengkap

Berita Indonesia Terlengkap

44 Mayat Ditemukan di Antara Reruntuhan Bangunan di Izyum Ukraina

BeritaIndo – Otoritas Ukraina mengklaim sedikitnya 44 mayat warga sipil ditemukan di antara reruntuhan bangunan lima lantai di wilayah Izyum. Disebutkan bahwa bangunan lima lantai itu dihancurkan oleh pasukan Rusia pada Maret lalu.

Hal itu diungkapkan oleh kepala otoritas militer regional Kharkiv, Oleg Sinegubov, dalam pernyataannya.

”Mayat 44 warga sipil ditemukan di Izyum yang sempat diduduki sementara, dari bawah puing-puing gedung lima lantai, yang dihancurkan oleh penjajah pada awal Maret,” sebut Sinegubov dalam pernyataannya.

Dia tidak menjelaskan lebih lanjut soal apa yang mendasari pihaknya meyakini bahwa mayat-mayat itu merupakan warga sipil. Tidak disebutkan lebih lanjut gedung apa yang dihancurkan oleh Rusia itu.

”Ini merupakan kejahatan mengerikan lainnya oleh militer Rusia terhadap populasi sipil,” cetus Sinegubov

Klaim otoritas Ukraina itu belum bisa diverifikasi secara independen oleh BBC. Belum ada tanggapan resmi dari otoritas maupun militer Rusia terkait klaim Ukraina tersebut.

Kota Izyum yang terletak di sebelah tenggara kota Kharkiv, dikenal sebagai pintu gerbang Donbas wilayah penghasil batu bara dan baja bagi Ukraina, dimana lebih dari sepertiga kawasannya direbut oleh kelompok separatis yang didukung Moskow pada tahun 2014.

Kota ini dikelilingi oleh hutan-hutan dan sungai-sungai, yang menjadikannya sebagai benteng alami. Dan di dekat perbatasan kota itu berdiri gunung Kremenets, yang tingginya 218 meter di atas permukaan laut.

Pada maret, selama tahap awal invasi, warga kota ini dipaksa tinggal di ruang bawah yang beku tanpa fasilitas pemanas. Mereka yang jatuh sakit juga tidak bisa mendapatkan perawatan medis. Seorang pejabat dewan setempat memperkirakan bahwa 80 persen kota Izyum telah hancur.